Optimalisasi Produk Emping Melinjo Guna Meningkatkan Nilai Tambah Bagi Masyarakat Kampung Cipanas Baru Desa Mancak Kabupaten Serang

  • Deni Sunaryo UNIVERSITAS SERANG RAYA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN
  • Deni sunaryo UNIVERSITAS SERANG RAYA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN
Abstract views: 365 , PDF downloads: 404

Abstract

Penduduk Desa Mancak berjumlah 4278 jiwa, yang terdiri dari laki-laki 2168 jiwa dan perempuan 2110 jiwa, umumnya penduduk bekerja di ladang dan buruh kasar serta pedagang, sedangkan untuk Ibu rumah tangga hanya membantu pekerjaan rumah.

Luas Wilayah Desa Mancak 538.8 Ha dimana 64% nya adalah Pertanian dan perkebunan. Hasil utama alam dan ciri khas dari Desa Mancak adalah melinjo, kelapa dan bambu, pada pengabdian ini difokuskan pada optimalisasi pengembangan produk hasil olahan emping melinjo disebabkan sangat potensial untuk ditingkatkan nilai daya guna serta nilai tambah atas produk hasil olahan melinjo tersebut sehingga hasil produk olahan tidak semata hanya emping melinjo alami saja, namun mempunyai alternatif variasi produk hasil olahan emping melinjo dengan berbagai aneka macam tersebut.

Tujuan pengabdian yang dilakukan adalah menjalankan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi, metode yang digunakan adalah memberikan supervisi dan tahapan dalam membuat inovasi produk sampai dengan siap jual sesuai dengan beberapa segment pasar dan pada penelitian ini difokuskan pada satu kampung yaitu kampung Cipanas Baru Desa Mancak Kecamatan Mancak Kabupaten Serang.

Hasil pengabdian ini memberikan manfaat bagi penduduk di Kampung Cipanas baru Desa Mancak guna meningkatakan nilai tambah produk dan menambah pendapatan bagi keluarga. Dan bagi pengabdi dalam menjalankan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutrisno Noer. 2004. Sari Hasil Penelitian Hasil Pertanian. Pusat Penelitian Hasil Pertanian. Bogor

Tambunan, T. 2000. Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Tarsis Tarmudji. 1999. Prinsip-prinsip Wirausaha. Yogyakarta: Liberty

PlumX Metrics

Published
2019-02-06
Section
Articles