Pengaruh Perangkat Desa Dan Sistem Akuntansi Keuangan Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Serang


Novia Syahputri Saragih(1*), Denny Kurnia(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perangkat desa dan sistem akuntansi keuangan desa di Kabupaten Serang khususnya untuk desa yang ada di Kecamatan Ciruas, Kecamatan Petir dan Kecamatan Tunjung Teja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan studi kepustakaan, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 desa yang terlibat dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Penelitian ini mengambil sampel dengan metode sampling jenuh atau sensus. Untuk mengetahui model regresi dilakukan pengujian normalitas, autokorelasi, multikolieniritas, dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis berdasarkan pada t-value dan F-value. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat desa dan sistem akuntansi keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R square pada penelitian ini adalah sebesar 0,57 atau dapat diartikan bahwa variabel perangkat desa dan sistem akuntansi keuangan desa mampu menerangkan 57% terhadap total akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.


References


Anwar, Misbahul., Bambang, J. 2010. Kontribusi dan Peran Pengelolaan Keuangan Desa Untuk Mewujudkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa yang Transparan dan Akuntabel.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Anwar Sanusi. 2014 Metodologi Penelitian Bisnis.

Hamidi. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Irma, Ade. 2014 Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa. Kabupaten Sigi.

Ismail Muhammad, Widagdo Ari, Widodo Agus. 2016 Sistem Akuntansi Pengelolaan Keuangan Desa. Desa Kismoyoso dan Desa Giriroto

Linda Jane. 1991. Reporting of Governmental Performance Indicators For Assessment of Public Accountability. Desertasi Publik Admistrasi, Arizona State University.

Mardiasmo, 2002, Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mustofa Anis. Iqbal. 2012. Pengaruh Penyajian dan aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan kengan desa. Kabupaten Pemalang.

Puspasari, Eka. 2015. Efektivitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Shende, Suresh dan Tony Bennett. 2004. Concept Pa¬per 2: Transparency and Accountability in Public Financial Administration. UN DESA.

Sutedjo. 2009. Presepsi Stake Holders Terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Standar Nasional Kabupaten Kendal. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Hadi. 1993. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tri Neni IndrianaSari. 2017. Peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Umami Risya, 2017. Pengaruh Tansparasi dan Akuntabilitas terhadap Pengelolaan Keuangan desa. Kecamatan Surade

http:// www.unpan.org.

https://id.wikipedia.org/wiki/Desa

http://kupang.tribunnews.com/, 8 April 2016 19:12 "Masalah Pengelolaan Keuangan Desa" oleh Kristo Relianus (Mantan Asisten Faskab PNPM-MPd Kab. Sikka).


Article Metrics

Abstract view : 128 times| PDF (Bahasa Indonesia) : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.