PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN DAN ESDM KABUPATEN PANDEGLANG

  • Suhroji Adha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
  • Didi Wandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
  • Yanto Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
Abstract views: 5195 , PDF downloads: 4859

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan studi lapangan dengan cara observasi non partisipan, wawancara serta diperkuat dengan penyebaran angket. Adapun sampel yang penulis gunakan didalam penelitian ini adalah total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Sampel sebanyak 65 orang pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Pandeglang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan rumus Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mencari pengaruh antara Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kabupaten Pandeglang. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja yang ada di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kabupaten Pandeglang sudah baik sehingga berpengaruh terhadap kinerja para Pegawai Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kabupaten Pandeglang. Untuk melihat hasil penelitian dengan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS Ver 22, maka didapat Nilai signifikan (0,000) di bawah (lebih kecil dari) 0,05 dan nilai t hitung  3,920 > t tabel 1,997 artinya H0 ditolak. Maksudnya variabel Kepuasan Kerja (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine, dan Michael J. Wesson. (2011). Organizational Behavior. New York : McGraw-Hill.

Edy Sutrisno, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana.

Handoko, T. Hani 2011. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen, Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Khan, I. Et.al (2012) Impact of Brand Related Attributes on Purchase Intenstion of Customer. A Study About the Customers of Punjab, Pakistan. Interdiciplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Mangkunegara. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Suwatno & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta, Bandung

Agus Tunggal Saputra, I Wayan Bagia, Ni Nyoman Yulianthini : Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan: e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)

Deden Misbahudin Muayyad : Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol . 9 No. 1 Tahun 2016

Mukti Ali, Adam Idris, Rita Kalalinggi : (2013:418)

Titik Rosita : Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016

PlumX Metrics

Published
2019-02-13
Section
Articles