Pengaruh Healty Lifestyle, Psychological Well Being, Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Auditor Dengan Task Complexity Sebagai Pemoderasi

  • Fahrun Rijal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Wahyuddin Abdullah UIN Alauddin Makassar
Abstract views: 1802 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1509

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel healty lifestyle, psychological well being, dan self efficacy terhadap kinerja auditor. selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh varaibel task complexity dalam memoderasi hubungan antara variabel independenndengan kinerja auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di kantor Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunkan metode random sampling dengan total sampel sebanyak 31 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan membagikan kuesioner untuk para responden di Inspektorat provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa healty lifestyle dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor Sedangkan psychological well being  tidak berpengaruh terhadap kinerja auditor. Hasil penelitian terkait variabel moderasi menunjukkan bahwa task complexity mapu memoderasi healty lifestyle terhadap kinerja auditor. Namun, variabel task complexity tidak mapu memoderasi hubungan antara psychological well being  dan self efficacy terhadap kinerja auditor.

            Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi para auditor untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat yang baik dan juga selalu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan tugasnya sebagai pemeriksa. Pola hidup sehat yang baik akan berdampak pada kesiapan auditor dalam menjalankan penugasan auditnya, sementara kepercayaan diri yang tinggi mampu memberikan motivasi bagi auditor untuk bekerja dengan optimal.

Kata Kunci: Healty lifestyle, psychological well being, self efficacy, task complexity, kinerja auditor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar L, Al. 2013. Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, Kesan Ketidakpastian Lingkungan, Locus of Control, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru, Padang dan Batam). Jurnal Ekonomi, 21(4): 1-15.

Bandura, A. Self efficacy: The Exercise of Control. USA: WH Freeman and Company, 1997.

Boynton, William C., Raymon N. Johnson, dan Walter G. Kell. Modern Auditing Edisi ketujuh Jilid dua. Jakarta: Erlangga, 2011.

Danna, Karen dan Ricky W. Griffin. 1999. Health and well-being in the workplace: A review and synthesis of the literature. Journal of Management,25(3): 357-384.

Dewanto, Stanley P. 2008. Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan Variabel Nonkognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 2(2): 123-133.

Futri, Putu Septiani dan Gede Juliarsa. 2014. Pengaruh Independensi, Profesionalisme, Tingkat Pendidikan, Etika Profesi, Pengalaman, dan Kepuasan Kerja Auditor pada Kualitas Audit Kantor Akuntan Publik di Bali. E-jurnal AkuntansiUniversitas Udayana, 7(2): 444-461.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21.Edisi ketujuh.Semarang : Universitas Diponegoro, 2013.

Goldwasser, D.L. 1993. The Plaintiffs’s Bar Discusses Auditor Performance. The CPA Journal, 63(10): 48-52.

Hanif, Rheny Afriana. 2013. Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran, dan Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Ekonomi, 21(3): 1-15.

Kristanto, Septian Bayu., Yunita Wijayanti, Marsella, Steffi Djayadi, Cristian Linus, dan Nova Christiana. 2014. Dampak Penerapan Gaya Hidup Sehat sebagai Upaya Menanggulangi Stress Kerja pada Auditor. Simposium Riset Ekonomi VI, 856-866.

Muallifah Masrurul dan Isthofaina Astuty.2016. Pengaruh Konflik Peran terhadap Kinerja dengan Self efficacy sebagai Variabel Moderasi. 7(2): 210-217.

Paramitha, Novena Mayayu. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Sehat untuk Mengatasi Turnover Intentions yang terjadi di Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Bisnis, 13(25): 83-93.

Rahmi, Febri dan Asni Sovia. 2017. Dampak Sistem Pengendalian Internal, Perilaku Tidak Etis dan Moralitas Manajemen terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi pada Perusahaan Developer di Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(1): 48-66.

Restuningdiah, Nurika dan Nur Indriantoro.2000. Pengaruh Partisipasi terhadap Kepuasan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi dengan Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem, dan Pengaruh Pemakai sebagai Moderating Variable.Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 3(2): 119-133.

Riff, Caroll D dan Corey Lee M. Keyes. 1995. The Structure of Psychological Well Being Revisted. Journal of Personality and Special Psychology, 69(4): 719-727.

Rimper, Rinna Ribka dan Lotje Kawet.2014. Pengaruh Perencanaan Karir dan Self efficacy terhadap Kinerja Karyawan pada PT PLN Persero Area Manado.Jurnal EMBA, 2(4): 413-423.

Singgih, Elisha Muliani dan Icuk Rangga Bawono. 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due professional care dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor di KAP “Big Four” Di Indonesia). Simposium nasional akuntansi XIII purwokerto, 1-24.

Suprapta, Kadek Ricky Ardie dan Putu Ery Setiawan. 2017. Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Self efficacy, dan Time Budget Pressure pada Kinerja Auditor. E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 81-108.

Trinaninngsih, Sri. 2007. Independensi Auditor dan komitmen Organisasi sebagai mediasi pengaruh pemahaman Good Governance, Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja Auditor.Prosiding Simposium Nasional Akuntansi X, 1-56.

Utami, Elisabeth Lasmira dan Retno Triani. 2015. Gambaran Tingkat Motivasi Kerja Karyawan PT. TOS dengan menggunakan Metode Expectancy Theory. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasah, 4(1): 14-19.

Wicaksono, Aditya Pandu dan Dekar Urumsah.2016. Faktor Imfluencing Employes to Commit Fraud in Work Place Empirical Study in Indonesian Hospital.Asia Pacific Fraud Journal, 1(1): 1-18.

Wilopo.2006. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi: Studi pada Perusahaan Publik dan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. The Indonesian Journal of Accounting Research, 9(3).

Yurmaini.2017. Kecurangan Akuntansi (Fraud Accounting) dalam Perspektif Islam.Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 93-104.

PlumX Metrics

Published
2020-01-29
Section
Articles